Home / ... Info Terkini / Rapat Koordinasi Dengan KPU Kabupaten/Kota Se- Maluku dalam rangka Persiapan Penyuluhan Peraturan Perundang – Undangan Pemilu dan Kebijakan KPU tentang Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019

Rapat Koordinasi Dengan KPU Kabupaten/Kota Se- Maluku dalam rangka Persiapan Penyuluhan Peraturan Perundang – Undangan Pemilu dan Kebijakan KPU tentang Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019

Dalam upaya mewujudkan komitmen mengedepankan nilai–nilai transparansi dalam setiap tahapan pemilihan maupun Pemilihan Umum (Pemilu) KPU telah melakukan rapat koordinasi dengan KPU kabupaten/Kota se- Maluku sekaligus melakukan sosialisasi sistem aplikasi SIPOL ( Sistim Informasi Partai Politik) dan melalui sistem ini, KPU berharap agar proses pendaftaran dan verifikasi partai politik akan lebih muda baik untuk pihak partai politik, KPU maupun masyarakat yang membutuhkan data partai politik sebagai calon peserta Pemilihan Umum Tahun 2019.

Rapat Koordinasi KPU Provinsi Maluku dengan KPU Kabupaten/Kota se-Maluku berlangsung selama 2 hari, Tanggal 22 s/d 23 Mei 2017 bertempat di hotel Amaris Ambon. Peserta raker adalah KPU Kabupaten/Kota se-Maluku dari Devisi Hukum dan Kasubag Hukum.  Sebagai Narasumber dalam kegiatan Raker ini berasal dari Setjen KPU RI Biro Hukum, Livirta Adhesia,  Agustin Tri.S dan Framadhan A. (Senior Developer dari Universitas Indonesia).

Rapat koordinasi KPU Provinsi Maluku dengan KPU Kabupaten/Kota se-Maluku dalam rangka persiapan penyuluhan peraturan perundang–undangan pemilu dan kebijakan KPU tentang verifikasi partai politik peserta pemilu tahun 2019 dibuka langsung oleh ketua KPU Provinsi Maluku, Musa Latua Toekan, S.Sos, M.Si.  Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi SIPOL ini sangat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan data partai politik peserta pemilu tahun 2019, dan dengan adanya aplikasi SIPOL ini juga mempermudah cara kerja KPU dalam melaksanakan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu tahun 2019.  Dan akhirnya beliau mengharapkan bagi semua peserta yang mengikuti kegiatan ini agar mengikutinya dengan sungguh dan penuh perhatian agar kedepan dalam menghadapi tahapan verifikasi faktualnya nanti pada bulan Oktober sudah benar–benar paham.

Sementara itu Syamsul. R. Kubangun, SH, Anggota KPU Provinsi Maluku Devisi Hukum menilai SIPOL ini merupakan aplikasi yang memudahkan KPU dalam menverifikasi partai politik calon peserta pemilu tahun 2019, Pada intinya aplikasi SIPOL yang diakses melalui portal KPU ini memuat dua menu utama yakni, ditujukan untuk pengurus partai politik dan anggota partai politik.

Dari sini KPU dapat mengecek dan menverifikasi apakah data kepengurusan dan keanggotaan partai politik sudah terpenuhi atau belum.

Setelah ini, kedepannya menjelang pelaksanaan verifikasi faktual nantinya akan dibentuk Kelompok Kerja Helpdesk Sipol yang pada prinsipnya membantu atau melayani jalannya proses verifikasi faktual partai politik.  (VK)

Check Also

Pengumuman Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018

KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI MALUKU . PENGUMUMAN Nomor : 417/PU/81/PROV/X/2017 tentang Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku