Home / ... Info Terkini / Berita Umum / RAPAT KOORDINASI KPU PROVINSI MALUKU DENGAN KPU KABUPATEN/KOTA SE-MALUKU DALAM RANGKA PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2017

RAPAT KOORDINASI KPU PROVINSI MALUKU DENGAN KPU KABUPATEN/KOTA SE-MALUKU DALAM RANGKA PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2017

Tahun 2018 merupakan tahun penting bagi rakyat Maluku dimana akan diadakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan memimpin Maluku lima tahun ke depan. KPU Provinsi Maluku sebagai badan penyelenggara Pemilihan Umum tentunya ingin mempersiapkan penyelenggaraan event demokrasi ini dengan baik, teristinewa menyangkut data pemilih yang dari Pemilu ke Pemilu menjadi masalah krusial yang sering memicu ketidakpuasaan dari masyarakat.

Sesuai dengan keinginan KPU RI agar pemutakhiran data pemilih itu dilaksanakan secara berkelanjutan seperti yang dituangkan dalam Surat Edaran KPU RI Nomor : 176/KPU/IV/2017 tanggal 6 April 2016 tentang Pemutakhiran Daftar pemilih Berkelanjutan maka pada tanggal 8 – 9 Mei 2017 KPU Provinsi Maluku melaksanakan Rapat Koordinasi KPU Provinsi Maluku dengan KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2017 yang bertempat di ruang rapat KPU Provinsi Maluku jalan Sultan Hasanudin – Tantui (Ambon).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Maluku, komisoner devisi Data dari KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku beserta operator Sidalih Kabupaten/Kota serta Perwakilan Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Aru.

Rapat koordinasi ini dibuka oleh komisioner KPU Provinsi Maluku, La Alwi yang mewakili Ketua KPU Provinsi Maluku. Dalam sambutannya La Alwi mengungkapkan masalah Daftar Pemilih merupakan masalah yang paling sering menjadi pokok sengketa Pemilu. Diharapkan bahwa melalui kegiatan ini, maka sedari awal masalah-masalah terkait Daftar Pemilih telah dapat diantisipasi sehingga nantinya pada saat pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018 maka tidak akan ada lagi sengketa terkait masalah Daftar Pemilih.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Maluku mengemukakan bahwa masalah pencatatan penduduk yang meninggal masih belum berjalan dengan baik, hal itu karena masyarakt masih kurang peduli untuk melaporkan kematian anggota keluarga mereka dibandingkan melaporkan kelahiran anggota keluarga.

Pada hari pertama, KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku diberikan kesempatan untuk memaparkan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) terkait Pemutakhiran Data Pemilih di kabupatennya masing-masing. Beberapa masalah yang paling sering ditemukan oelh KPU Kabupaten/kota dalam proses pemutakhiran data pemilih masih banyak pemilih yang memiliki data ganda misalnya satu orang dengan dua KTP, satu NIP digunakan oleh dua orang, dan alamat RT/RW tidak ada, Selain itu, regulasi / aturan KPU sering terlambat diterima oleh KPU Kabupaten/Kota pada hal tahapan telah berjalan dan hampir selesai. Masalah jaringan internet juga menjadi hal penting yang sangat menghambat proses upload data pada Aplikasi Sidalih disamping minimnya fasilitas pendukung seperti Laptop/PC serta operator Sidalih pada KPU Kabupaten/Kota.

Pada hari kedua Rapat Koordinasi tersebut, para peserta dibagi dalam 3 kelompok untuk mengidentifikasi masalah serta solusi bagi masalah-masalah yang telah dikemukakan dalam DIM tersebut. Beberapa rekomendasi penting yang dihasilkan dalam rangka pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih dalam menyosong Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018 antara lain : meningkatkan kualitas proses coklit PPDP sehingga tidak akan lagi ditemukannya Data Ganda, dan pemilih yang tidak memiliki NIK, perbaikan  proses rekrutmen PPDP, lebih meningkatkan kerjasama dengan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, jumlah Jumlah Operator Sidalih pada KPU Kabupaten/Kota disesuaikan dengan jumlah Kecamatan yang dimiliki oleh masing-masing kabupaten/kota juga, peningkatan besaran honor bagi operator Sidalih.

 

 

Check Also

Kunjungan Kerja Kepala Biro SDM Setjen KPU RI di Sekretariat KPU Provinsi Maluku

Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Sekretaris Jenderal KPU RI, Lucky Firnandi Majanto didampingi oleh Kepala ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku