Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Soal Rekap, KPU RI Beri Kelonggaran KPU Maluku

Soal Rekap, KPU RI Beri Kelonggaran KPU Maluku

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memberikan kelonggaran waktu  ke KPU Maluku, menyampaikan rekapitulasi hasil Pemilu Legislatif (Pileg) di pleno tingkat nasional.  Sebelumnya sesuai jadwal tahapan Pileg, KPU Maluku harus menyampaikan rekapitulasi ke rapat pleno rekapitulasi  penghitungan suara dan   hasil Pileg tingkat KPU RI pada Jumat (2/5) hingga Minggu (4/5).

Namun karena hingga kini, rekapitulasi masih berlangsung di KPU Maluku maka KPU RI memberikan toleransi dari waktu yang ditentukan tersebut. Rekap KPU Maluku di KPU RI diperpanjang diatas 5 Mei.


“Kami sudah menyampaikan  ke KPU RI kalau kami belum bisa menyampaikan rekap ke KPU RI, sesuai jadwal yang ditentukan. Dan KPU RI memberikan kelonggaran bagi kita, rekapnya diperpanjang diatas waktu yang ditentukan,” kata Ketua KPU Provinsi Maluku Musa Latua Toekan kepada Media Center KPU Maluku, Sabtu (3/5).

Ia menyatakan, KPU RI memahami kondisi dan dinamika yang terjadi saat rapat pleno rekapitulasi dan penghitungan suara  baik tingkat KPU Kabupaten dan KPU Maluku, sehingga KPU Maluku tidak bisa menyampaikan rekapitulasi tingkat nasional.

Musa menyatakan, KPU Maluku tidak bisa menyampaikan rekap sesuai jadwal yang ditentukan KPU RI, karena empat KPU Kabupaten yakni Maluku Tengah, Maluku Barat Daya, Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur, terlambat menyelesaikan rekapitulasi tingkat kabupaten sehingga menyebabkan pleno di KPU Maluku juga molor.

Musa menyebutkan sejumlah persoalan terjadi saat rekap di KPU Kabupaten yakni, adanya penghitungan ulang hingga ke PPK serta adanya pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah TPS pada Kabupaten SBT, Malteng dan SBB. Sedangkan untuk Kabupaten MBD, terkendala transportasi dari PPK ke ibukota kabupaten untuk dilakukan rekap tingkat KPU.

Musa menyatakan,  KPU Maluku, Sabtu ini sudah bisa menggelar pleno hasil Pileg di  Kabupaten SBB dan Malteng. KPU dua daerah tersebut sudah membawa  kotak suara hasil Pileg di KPU Maluku.

Sedangkan untuk SBT, KPU Maluku akan menggelar pleno pada Minggu (4/5). Sementara untuk MBD menurut Musa, KPU setempat baru menuntaskan rekapitulasi pada Minggu besok. “Namun  KPU MBD kesulitan membawa kotak suara ke KPU Maluku karena kesulitan transportasi, kita berharap ada transportasi sehingga bisa diplenokan di KPU Maluku, dan kita bisa rekap juga ke KPU RI,” kata Musa. (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku