Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Sukseskan Pilkada, KPU Gelar Rakor Pemantapan

Sukseskan Pilkada, KPU Gelar Rakor Pemantapan

MEDIACENTER.–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pemantapan guna mensukseskan tiga pemilukada, yaitu pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku, Bupati dan wakil Bupati Maluku Tenggara, serta Walikota dan Wakil Walikota Tual 2018.

Rapat yang digelar selama tiga hari itu menghadirkan pimpinan dan anggota KPU dari 11 kabupaten dan kota Se-Maluku.

Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun dalam sambutannya mengatakan, Rakor ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan  program. Antara lain pemutakhiran data, sosialisai dan kampanye dan logistik.

“Ada tiga hal yang kita bahas dalam Rakor ini, yakni pemutakhiran data, kampanye dan sosialisasi, dan logistik. Hal-hal lain berkaotan dengan Rakor ini adalah berkaitan dengan pemantapan. Selain itu, kita memproyeksikan program dan tahapan berikutnya,”kata Rifan dalam sambutannya saat pembukaan Rakor yang berlangsung di City Hotel, Selasa 27 Maret malam.

Selain program dan tahapan, KPU prpovinsi juga mengevaluasi penggunaan anggaran seluruh KPU kabupaten/kota untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Petugas Pemutakhhiran Data Pemilih (PPDP). Kemudian, untuk tahapan pencalonan pasangan calon perseorangan.

“Ada pakta integritas penggunaan anggaran. Kita ingin tahu, sebarapa jauh pakta integritas itu menjadi sebuah sumber kekuatan atau bangunan komitmen apakah efisiensi atau tidak,”ujarnya.   Rifan juga meminta KPU kabupaten/kota untuk bekerja keras mensukseskan Pilkada. Terutama KPU Maluku Tenggara dan Kota Tual yang menyelenggaran Pilkada Gubernur, dan Pilkada Bupati dan Walikota di daerah masing-masing. “Olehnya itu, kita butuh energi yang lebih besar,”pungkasnya.   Rakor ini diikuti komisioner dan sekretaris KPU 11 kabupaten/kota, sekretariat dan komisioner KPU Provinsi. Rakor berlangsung selama 27-29 Maret.(MC1)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku