Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Surat Suara Pilpres Untuk Lima Daerah di Maluku Didistribusi

Surat Suara Pilpres Untuk Lima Daerah di Maluku Didistribusi

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku melalui PT. Herman Express,  telah mendistribusikan surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) ke lima KPU  kabupaten dan kota di Maluku. Lima daerah tersebut yakni, KPU Kota Ambon, KPU Maluku Tengah (Malteng), KPU Seram Bagian Barat (SBB), KPU Seram Bagian Timur dan KPU Buru Selatan.  Pendistribusian surat suara Pilpres untuk kelima daerah tersebut dilakukan dengan menggunakan transportasi laut dan darat.

Untuk Kota Ambon, Kabupaten  Malteng, Kabupaten SBB dan Kabupaten SBT distribusi surat suara menggunakan mobil sedangkan  untuk Kabupaten Buru Selatan menggunakan  (KM) Pangorango.  PT. Herman Express, adalah ekspedisi pengiriman barang yang mendapat kepercayaan mendistribusi surat suara Pilpres di Maluku. “Hingga kini perusahan ekspedisi yang menangani distribusi surat suara sudah membawa surat suara ke lima daerah, dan sudah sampai ke tangan KPU kabupaten dan kota tersebut,” kata Komisioner KPU Maluku, Iriane Susiawaty  Ponto kepada Media Centre KPU Maluku, Rabu (18/6).

Dia mengatakan, untuk Kabupaten Buru Selatan  baru tiba hari ini, Rabu (18/6), sementara daerah lainnya sudah tiba lebih awal. Sementara untuk enam kabupaten dan kota lainnya yakni, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Buru, belum bisa didistribusi karena terkendala cuaca buruk.

Ponto menyatakan  distribusi surat suara ke  enam daerah tersebut karena adanya peringatan dini dari  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Stasiun Pattimura Ambon mengenai gelombang tinggi di perairan Maluku yang berbahaya bagi pelayaran kapal terutama pelayaran  kapal tradisioanal. Peringatan dini itu juga menyebabkan Kantor Kesyahbandaraan Kelas I Ambon mengeluarkan larangan berlayar bagi  kapal –kapal antar pulau di Ambon.

“Ada peringatan dini dari BMKG soal gelombang tinggi di Perairan  Maluku, sehingga distribusi surat suara  untuk enam  kabupaten dan kota di Maluku belum bisa dilakukan. Semua tergantung cuaca, kita berharap kondisi cuaca bisa normal sehingga  surat suara bisa dikirim  secepatnya agar tidak menggangu tahapan di daerah,” katanya.

Hingga kini, surat suara Pilpres untuk enam daerah tersebut masih berada di Kantor Herman Express di kawasan Jalan Tulukabessy Kota Ambon, dengan pengawalan ketat aparat Polda Maluku.  Surat suara Pilpres dikirim oleh perusahan pengadaan surat suara dari Jakarta via PT. Herman Express, dan tiba di Ambon sejak Sabtu (14/6). (NT)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku