Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Surat Suara Terlambat Tiba, PSU di 18 TPS Malteng Diundur

Surat Suara Terlambat Tiba, PSU di 18 TPS Malteng Diundur

AMBON– Akibat keterlambatan pengiriman surat suara dari Solo, Jawa Tengah, pemungutan suara ulang (PSU) di 18 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Provinsi Maluku, Senin (21/4) batal digelar.

KPU Malteng belum bisa memastikan kapan PSU digelar, karena pengiriman surat suara PSU dari KPU RI lewat percetakan surat suara di   Solo ke Malteng  dilakukan secara bertahap.

“Pemungutan suara ulang di 18 TPS belum bisa dilakukan hari ini, karena pengiriman surat suara terkendala dan baru tiba di Ambon dengan pesawat komersial pada Senin pagi, ” kata  Komisioner  KPU Malteng  Abdussamad Ningkeula saat dihubungi Senin (21/4).

Ia menyatakan, surat suara PSU didistribusi dari Solo lewat Surabaya, Jawa Timur oleh perusahan yang menangani pencetakan surat suara. Surat suara  distribusi lagi ke Kota Ambon dengan pesawat komersial. Dari Ambon, surat suara didistribusi lagi ke KPU Malteng.

Selain itu, surat suara yang dikirim dilakukan secara bertahap, tidak serentak untuk 18 TPS yang menggelar PSU. Kondisi itulah yang menyebabkan, pelaksanaan PSU tertunda. “Kami belum bisa pastikan kapan PSU digelar, namun kemungkinan dalam Minggu ini juga. Masalahnya hanya pengiriman surat suara dari Solo yang terhambat,” kata Ningkeula.

Sebelumnya  Panwaslu Malteng mengeluarkan  rekomendasi ke KPU Malteng agar  digelar PSU di 18 TPS karena karena ditemukan sejumlah kecurangan saat Pileg 9 April lalu. Kecurangan diantaranya, adanya pemilih yang mencoblos lebih dari satu kali, penggunaan identitas orang yang sudah meninggal untuk mencoblos.

18 TPS  itu  yakni, 4 TPS di Kecamatan Teluti, 2 TPS di Desa Sepa Kecamatan Amahai,  5 TPS di Kecamatan Banda, dan 7 TPS di Desa Hitumessing Kecamatan Leihitu.  Untuk pelaksanaan PSU, KPU Malteng sudah  melakukan persiapan,  sosialisasi kepada   pemilih  di 18 TPS itu. Ini dilakukan agar pemilih antusias   menggunakan hak politik. (NT)

Check Also

Undangan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi

Menindaklanjuti Kegiatan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi yang telah dibentuk oleh KPU Provinsi Maluku pada ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku