Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Tak Laporkan Dana Kampanye, Caleg Terpilih Bakal Digugurkan

Tak Laporkan Dana Kampanye, Caleg Terpilih Bakal Digugurkan

AMBON-KPU Maluku menegaskan akan menggugurkan calon legislatif dan calon DPD terpilih jika tak memenuhi ketentuan Undang-Undang Kepemiluan untuk melaporkan dana kampanye tahap ketiga, 15 setelah pelaksanaan pemiihan legislatig (pileg) 9 April.

Penegasan ini disampaikan Ketua KPU Maluku, dalam rapat rapat koordinasi dengan partai politik peserta pemilu dan calon anggota DPD RI, Senin (14/04) di ruang rapat KPU Maluku, terkait laporan dana kampanye tahap ketiga peserta pemilu.

Ketua KPU Maluku, Musa Latua Toekan mengingatkan partai politik, calon anggota legislatif dan calon anggota DPD, untuk segera melaporkan dana kampanye tahap ketiga. Musa menegaskan, berdasarkan undang-undang pemilu dan peraturan KPU Maluku untuk malaporkan dana kampanye, 15 hari setelah pelaksanaan pemilu legislatif 9 April.

Jika melewati batas waktu yang ditentukan tidak juga melaporkan dana kampanye tahap ketiga, maka caleg dan calon anggota DPD yang terpilih dapat dicoret daftar caleg terpilih. ‘’Kami mengingatkan kepada parpol, caleg dan calon DPD untuk segera memasukkan laporan dana kampanye tahap ketiga jika sampai 15 hari setelah pileg belum juga melaporkan, sangsinya berat, caleg terpilih dapat dicoret namanya, ‘’kata Musa.

Musa menyatakan laporan dana kampanye ini wajib dilakukan semua parpol, caleg dan calon DPD yang terpilih maupun tidak, semuanya wajib melaporkan. Setelah melaporkan dana kampanye, KPU Maluku akan mengkaji dan memverifikasi laporan tersebut apakah realistis sesuai kenyataan di lapangan atau tidak. ‘’Terpilih atau tidak semua peserta pemilu, wajib melaporkan dana kampanye tahap ketiga, ini amanat undang-undang,’’tegas Musa.

Laporan dana kampanye tersebut berupa dana kampanye parpol, yang diuraikan lagi laporan dana kampanye setiap caleg dari masing-masing parpol serta laporan dana kampanye dari masing-masing calon anggota DPD RI.

Perwakilan peserta pemilu dalam rapat ini, menyatakan siap melaporkan dana kampanye tahap ketiga secepatnya sebelum masa ketentuan 15 hari tersebut berakhir. (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku