Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Tiga TPS di SBB, Akhirnya Lakukan Perhitungan Suara

Tiga TPS di SBB, Akhirnya Lakukan Perhitungan Suara

AMBON-Setelah empat  hari tertunda, rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilu legislatif (Pileg) 9 April lalu, di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Kamariang Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), akhirnya dilakukan Senin (14/4) oleh Panitia Pengumutan Suara (PPS).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) SBB, Syarif Hehanussa kepada Media Centre KPU mengatakan,  rekapitulasi di tiga TPS itu bisa dilakukan setelah pihsknya bersama Kapolres SBB dan jajarannya pada Minggu (13/4) malam melakukan pendekatan kepada warga Kamariang, agar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bisa melakukan rekapitulasi suara.

“Rekapitulasi penghitungan suara di tingkat KPPS sudah bisa dilakukan setelah kami, bersama Kapolres mendatangi warga, melakukan pendekatan agar warga bisa mendukung proses rekapitulasi suara,” kata Syarif, Senin (14/4).

Sebelumnya, petugas KPPS bersikeras dan menolak menghitung hasil pemungutan suara ditiga TPS itu tanpa alas an tidak jelas. Sejumlah petugas Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang hendak mengecek masalah itu bahkan dilempari dan diancam oleh caleg tertentu dan petugas KPPS. Hal itu juga dibenarkan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku, Lusia Peilouw.

“Anggota kami dilapangan yang hendak mengecek masalah itu diancam oleh caleg tertentu dan dilempari oleh petugas KPPS,”ujarnya.

Dia mengungkapkan sikap petugas KPPS yang menolak menghitung hasil pemungutan suara di tiga TPS itu sebagai upaya untuk mencurangi hasil pileg di desa tersebut.

“Ada laporan yang kami dapat kalau petugas penyelenggara ingin mencari cela untuk mengamankan caleg tertentu sehingga mereka menolak melakukan penghitungan.”jelasnya. (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku