Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Tim Paslon Harus Siapkan Bukti Transaksi Asli

Tim Paslon Harus Siapkan Bukti Transaksi Asli

MEDIACENTER-Auditor profesional, Hartina Husein, SE., M.Sc., Ak.,CA mengingatkan tim pasangan calon untuk menyimpang dengan baik bukti transaksi penggunaan dana kampanye. Sebab, auditor akan mensinkronisasikan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye dalam mengaudir pelaporan dana kampanye.

“Bukti transaksi itu penting sekali. Baik penerimaan maupun pengeluaran. Karena ini nanti dikroscek dengan data sumbangan dan pernyataan penyumbang,”ujar Hartina saat menyampaikan materi pada Sosialsiasi Pelaporan Dana Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018 di kantor KPU Maluku, Kamis (29/3).

Bukti transaksi pengeluaran atau penggunaan dana kampanye untuk bayar tenda, iklan media massa, sewa kendaraan, sewa soundsystem, dan keperluan lainnya, harus asli dan distempel. Auditor hanya membutuhkan dan memakai bukti transaksi yang asli.

“Saat mengaudit, auditornya akan mengambil bukti yang asli. Saran buat tim paslon, setiap ada transaksi itu harus difotokopi, karena auditor ambil asli, dan serahkan ke KPU juga yang asli,”papar auditor dana kampanya untuk sejumlah mantan calon kepala daerah di Maluku sejak 2013-2017, itu.

Hartina menambahkan, identitas penyumbang, baik perseorangan, badan usaha, pasangan calon, LSM dan lainnya harus menuangkan dalam surat pernyataan sumbangan dan menandatangani.

“Semua yang menyumbang harus tandatangan atas jumlah besaran yang dia setor disertai dengan NPWP (Nomor Pegangan Wajib Pajak) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Semua penyumbang harus ada NPWP dan KTP,”jelasnya.

Khusus untuk badan usaha, harus menyertai akta notaris.”Untuk badan usaha harus juga disertai akta notaris. Karena berdasarkan PKPU, yang biasa menyumbang itu harus pimpinan yang ada di dalam perusahaan itu atau pemegang sahamnya. Jangan sampai pada saat mau audit, data-data itu gak siap ya,”pungkas dia.(MC1)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku