Home / ... Info Terkini / Berita Umum / TPS Pilpres di SBB Berkurang

TPS Pilpres di SBB Berkurang

AMBON-Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang akan berkurang dari jumlah TPS saat Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu.

 

Saat Pileg 9 April lalu, jumlah TPS di Kabupaten SBB sebanyak 410 dan untuk Pilpres akan berkurang menjadi 390 TPS.

Ketua KPU SBB, Jafar Patty menyatakan berkurangnya TPS tersebut didasarkan atas regulasi PKPU Nomor 9 Tahun 2014 tentang penyusunan daftar pemilih Pilpres.

Dia menjelaskan dalam PKPU tersebut menyebutkan setiap TPS yang ada di desa dan kelurahan minimal menampung 800 pemilih, sehingga KPU SBB berkewajiban untuk menggabungkan beberapa TPS terdekat.

“Dalam PKPU tersebut ada regulasi yang menyebutkan satu TPS minimal menampung 800 pemilih. Sehingga kita melakukan verifikasi terhadap beberapa TPS yang jumlahnya di bawah angka tersebut. Setelah dilakukan verifikasi, kita kemudian menggabungkan beberapa TPS, terdekat, sehingga jumlahnya yang tadinya 410 turun menjadi 390 TPS,” katanya.

Sementara untuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) di SBB meningkat, yakni dari 137.939 naik menjadi 140.722. acuan DPS tersebut dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemuktahiran data Pilpres di tingkat desa dan kelurahan. “Panitia Penghitungan Suara (PPS) masih melakukan pemuktahiran di tingkat desa dan kelurahan. Kita berharap warga berpartisipasi dan segera melaporkan nama mereka jika belum terdaftar, apalagi bagi warga yang anaknya sudah masuk kategori pemilih pemula,” harapnya. (NT)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku