Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Jumlah TPS Pilpres di SBT Berkurang Jadi 243

Jumlah TPS Pilpres di SBT Berkurang Jadi 243

AMBON-Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi  Maluku, pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang berkurang dari  TPS saat  Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu. Saat Pileg 9 April lalu, TPS di Kabupaten SBT berjumlah 303, sedangkan untuk Pilpres berkurang menjadi 243 TPS.

Ketua KPU SBT Kisman Kilian menyatakan berkurangnya TPS tersebut didasarkan pada  PKPU RI  Nomor 9 Tahun 2014 tentang penyusunan daftar pemilih Pilpres. Dia menjelaskan dalam PKPU tersebut menyebutkan setiap TPS yang ada di desa dan kelurahan minimal menampung 800 pemilih, sehingga KPU SBB berkewajiban untuk menggabungkan beberapa TPS terdekat.

“Dalam PKPU tersebut menjelaskan satu TPS minimal menampung 800 pemilih. Oleh karena itu kita kemudian melakukan verifikasi terhadap beberapa TPS yang jumlah pemilihnya dibawah angka tersebut dan saat ini KPU SBT sudah menggabungkan beberapa TPS terdekat, sehingga jumlah TPSnya sudah berkurang dari 303 menjadi 243 TPS,” katanya.

Sementara untuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilpres di SBT meningkat, yakni dari 86.369 naik menjadi 86.439. Acuan DPS Pilpres ini dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb). Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemuktahiran data Pilpres di tingkat desa dan kelurahan. “Petugas PPS hingga kini masih terus melakukan pemuktahiran DPS  di tingkat desa dan kelurahan. Kita berharap warga berpartisipasi dan segera melaporkan nama mereka jika belum terdaftar, agar bisa didata sebagai pemilih,” katanya. (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku