Home / ... Info Terkini / Ramah Tamah Jajaran KPU Provinsi Maluku dan KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku Menjelang Masa Purna Bakti Bapak Drs. Arsyad Rahawarin

Ramah Tamah Jajaran KPU Provinsi Maluku dan KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku Menjelang Masa Purna Bakti Bapak Drs. Arsyad Rahawarin

Acara Ramah Tamah Perpisahan sekretarisMenjelang masa purna bakti Sekretaris KPU Provinsi Maluku, Bapak Drs. Arsyad Rahawarin pada bulan Juli 2016 yang akan datang, jajaran KPU Provinsi Maluku dan KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku menggelar acara ramah tamah pada hari Rabu tanggal 1 Juni 2016 bertempat diruang Rapat Kantor KPU Provinsi Maluku – Tantui Ambon.

Acara berlangsung secara sederhana namun penuh suasana kekeluargaan dan dihadiri oleh komisioner dan jajaran staf Sekretariat KPU Provinsi Maluku, Komisioner dan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku, serta dihadiri juga oleh mantan komisioner KPU Periode 2003 – 2008, Periode 2008 – 2013 dan mantan staf Sekretariat KPU Provinsi Maluku yang berasal dari Pemerintah Provinsi Maluku baik yang telah pensiun maupun yang kini telah mengabdi di instansi lain.Acara Ramah Tamah Perpisahan sekretaris3

Acara ini sendiri digagas oleh jajaran Sekretariat KPU Provinsi Maluku sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada Bapak Drs. Arsyad Rahawarin yang telah mengabdi selama hampir 13 Tahun pada KPU Provinsi Maluku.

Dalam kesempatan itu, disampaikan pesan dan kesan oleh Ketua KPU Provinsi Maluku, Musa L. Toekan, S.Sos, M.Si, mantan Ketua KPU Provinsi Maluku, Drs, Jusuf Idrus Tatuhey, MS,  perwakilan KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku yang diwakili oleh Drs. A. Ruhulessin serta perwakilan staf sekretariat KPU Provinsi Maluku yang diwakili oleh Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas, Ny. D. Pinontoan, S.Sos dan Kepala Sub Bagian Teknis dan Hupmas, D. Okra, S.Sos  dan diakhiri dengan sambutan khusus dari Sekretaris KPU Provinsi Maluku, Drs. Arsyad Rahawarin.

Ketua KPU Provinsi Maluku, Musa L. Toekan, S.Sos dalam pesan dan kesannya, memberikan penghargaan dan mengapresiasi prestasi kerja yang telah diukir oleh Drs. Arsyad Rahawarin selama memimpin Sekretariat KPU Provinsi Maluku dalam menopang tugas dan kerja komisioner KPU Provinsi Maluku sehingga dapat bekerja dengan baik.
Mantan Ketua KPU Provinsi Maluku selama 2 Periode, Drs. Jusuf Idrus Tatuhey, MS, dalam pesan dan kesannya juga memberikan aspresiasi yang tinggi terhadap sosok Sekretaris KPU Provinsi Maluku, Bapak Drs. Arsyad Rahawarin yang selama dua periode kepemimpinannya sebagai Ketua KPU Provinsi Maluku selalu mendampingi dan selalu mendukung tugas dan kerja komisioner KPU Provinsi Maluku sejak dari masa awal pembentukan KPU Provinsi Maluku terutana dimasa-masa sulit ketika Pemilu Tahun 2004 dimana pada saat itu keadaan Provinsi Maluku masih berada dalam suasana kerusuhan namun penyelenggaraan Pemilu Tahun 2004 di Maluku dapat berjalan dengan baik dan sukses bahkan KPU Provinsi Maluku memperoleh apresiasi dari KPU RI.  Dalam sambutannya, Bapak Idrus Tatuhey juga mengingatkan pentingnya peranan Pemerintah Provinsi Maluku dalam menyokong dan mendukung suksesnya pelaksanaan Tahapan Pemilu baik Pemilu 2004, 2009 maupun Pemilu Gubernur Maluku Tahun 2013 bahkan Pemilu 2014 di Provinsi Maluku. Untuk itu beliau mengingatkan pentingnya menjaga dan membina hubungan yang harmonis antara KPU Provinsi Maluku dengan Pemerintah Provinsi Maluku seperti yang sudah terjalin selama ini.

Sosok Bapak Drs. Arsyad Rahawarin mempunyai tempat yang istimewa bagi KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku khususnya bagi Sekretariat KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris KPU Kabupaten Kepulauan Aru, Drs. Agus Ruhulessin dalam sambutan singkatnya. Selaku Sekretaris KPU Provinsi Maluku, Drs. Arsyad Rahawarin, menjadi tempat konsultasi dan tempat “curhat” bagi para Sekretaris KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku. Berkat bimbingan beliau, jajaran Sekretariat KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku mampu bekerja dengan baik dalam mendukung komisioner KPU serta menyukseskan tahapan Pemilu dan pemilukada di Kabupaten/Kota.
Para staf dijajaran Sekretariat KPU Provinsi Maluku juga sangat merasa kehilangan sosok pemimpin sekaligus sosok bapak yang selama ini mereka temukan dalam diri Bapak Drs. Arsyad Rahawarin selama 12 Tahun lebih dibawah kepemimpinannya. Perhatian dan sifat kebapakan yang penuh pengertiannya telah membuat sosok Bapak Drs. Arsyad Rahawarin menjadi pemimpin yang akan selalu dekat di hati jajaran Sekretariat KPU Provinsi Maluku seperti yang disampaikan oleh Ny. D. Pinontoan, S.Sos dan D. Okra, S.Sos.

Acara Ramah Tamah Perpisahan sekretaris2

Bapak Drs. Arsyad Rahawarin dalam sambutannya lebih banyak bernostalgia tentang masa-masa selama beliau memimpin Sekretariat KPU Provinsi Maluku. Berawal dibentuk Perwakilan Sekretariat KPU Provinsi Maluku pada bulan Oktober 2003, beliau dipercayakan untuk menyiapkan dan mefasilitasi pembentukan dan pengangkatan komisioner KPU Provinsi Maluku. Pada masa itu, fasilitas dan sdm yang ada sangat minim, namun dengan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Maluku maka proses Pemilu Tahun 2004 dapat berjalan dengan sukses walaupun sempat terjadi kerusuhan di April 2004. Sempat harus berpindah-pindah kantor, hingga akhirnya memiliki kantor yang defenitif pada tahun 2007 juga menjadi kenangan manis yang sangat berkesan bagi Bapak Drs. Arsyad Rahawarin. Beberapa kenangan yang mengesankan bagi beliau antara lain ketika harus menyebrangi sungai Loki (Kab. Buru Selatan) dengan ketingian air hampir sedada orang dewasa dengan arus yang cukup kuat ketika pembentukan KPU Kabupaten Buru Selatan. Beliau berharap sepeninggalnya nanti KPU Provinsi Maluku tetap mampu menjalankan tugasnya dengan baik serta dapat menjaga hubungan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan terutama pemerintah Provinsi Maluku. Beliau juga menyampaikan bahwa jika selama bertugas ada kesalahan baik perbuatan maupun ucapan yang salah mohon dikembalikan kepada beliau tetapi kelebihan Bapak Drs. Arsyad Rahawarin dapat ditingkatkan oleh seluruh jajaran KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku.
Suasana haru sangat terasa ketika acara jabat tangan antara Bapak Drs. Arsyad Rahawarin beserta istri dengan seluruh jajaran KPU Provinsi Maluku dan KPU Kabupaten/Kota Se-Maluku. Terima kasih Bapak Drs. Arsyad Rahawarin untuk semua pengabdian dan dedikasimu bagi KPU Provinsi Maluku beserta jajarannya.

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

KPU Provinsi Maluku