Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Dengan Catatan Keberatan,Hasil Pileg Maluku Dibawa ke KPU RI

Dengan Catatan Keberatan,Hasil Pileg Maluku Dibawa ke KPU RI

AMBON-Setelah menyelesaikan rekapitulasi tingkat provinsi, komisioner KPU Maluku, Rabu (8/5) pagi membawa hasil Pemilu Legislatif (Pileg) ke KPU RI di Jakarta untuk  disampaikan dalam rapat  pleno rekapitulasi  tingkat nasional.

Komisioner KPU Maluku membawa  dokumen formulir DC, yakni berita acara rekapitulasi dan penetapan perolehan suara hasil Pileg di Maluku, yang dimasukan ke dalam kotak suara tersegel. “Kami baru tiba di Jakarta, membawa dokumen formulir DC, berisi berita acara hasil rekapitulasi tingkat provinsi untuk direkap di KPU RI,” kata Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan kepada Media Center KPU Maluku, Kamis (8/5).


Musa  menyatakan, sesuai jadwal, KPU Maluku akan menyampaikan hasil Pileg dalam rapat pleno tingkat nasional di KPU RI pada Jumat (9/5), yang merupakan hari terakhir bagi KPU untuk mengumukan perolehan suara hasil Pileg secara nasional.  Hasil Pileg Maluku  yang akan direkap di KPU RI yakni, perolehan suara DPR RI, dan  DPD RI.

Sebelum dibacakan KPU RI dalam rapat pleno tingkat nasional, komisioner KPU Maluku akan menyerahkan dokumen formulir DC, yakni berita acara rekapitulasi dan penetapan perolehan suara Pileg ke KPU RI. KPU RI akan membacakan angka –angka  yang terdapat dalam  dokumen formulir DC tersebut, dan angka – angka tersebut dipindahkan pada formulir DD tingkat nasional. “Kita meyerahkan dokumen ke KPU RI, setelah itu mereka yang membacakan perolehan suara untuk DPR RI dan DPD RI,” kata Musa.

Kotak suara yang dibawa ke KPU RI  mendapat pengawalan  aparat kepolisian dan  pengawasan dari Bawaslu Maluku.  Sebelumnya, pada Rabu (7/5)  malam, KPU Maluku bersama para saksi parpol dan saksi calon anggota DPD RI menandatangani berita acara rekapitulasi dan penetapan perolehan suara hasil Pileg di Maluku, menandai berakhirnya rekapitulasi di 11  kabupaten/kota di Maluku.

Dalam penandatanganan berita acara tersebut, sejumlah saksi parpol seperti Partai Golkar, PKS, PPP dan PKB tidak  ikut menandatangani  berita acara untuk DPR RI. Para saksi parpol tersebut menyampaikan catatan keberatan  dalam formulir yang disediahkan KPU Maluku. Musa menyatakan, keberatan tersebut tidak mempengaruhi penetapan yang dilakukan KPU Maluku. “Itu hak setia parpol maupun calon anggota DPD RI untuk mengajukan keberatan. Keberatan akan kita sampaikan di rapat pleno nanti,” kata Musa. (NT)

Check Also

Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas dan Whistle Blowing System (WBS) di Lingkup KPU Provinsi Maluku

Dalam rangka pembangunan menuju zona integritas serta untuk melengkapi infrastruktur etik dan mendeteksi adanya pelanggaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku