Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Golkar Kuasai Kursi DPRD Buru

Golkar Kuasai Kursi DPRD Buru

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buru sudah menetapkan 25 calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Buru  periode  2014-2019 hasil Pemilu Legislatif (Pileg) April lalu. Dari jumlah tersebut, 10 kursi milik  Partai Golkar, sedangkan sisanya terbagi ke partai lainnya. Kader Partai Golkar menang di tiga daerah pemilihan (Dapil) di daerah penghasil minyak kayu putih itu. Pleno penetapan calon terpilih digelar KPU Buru pada Selasa (13/5).

 

Komisioner KPU Buru Munir Soamole menyebutkan, di Dapil I, Namlea dan sekitarnya, Golkar memperoleh empat kursi.  Di Dapil II, Kecamatan Waplau dan sekitarnya, Golkar mendapat dua kursi, sementara di Dapil III, Kecamatan Air Buaya dan sekitarnya, empat kursi menjadi milik   Partai Golkar.

“Dari 25 kursi di DPRD Kabupaten Buru, sepuluh kursi diraih Partai Golkar, mereka memperoleh suara terbanyak di tiga dapil, sedangkan sisanya milik parpol lainnya,” kata Munir saat dihubungi Media Center KPU Maluku, Rabu (14/5).

Dari sepuluh calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Buru terdapat Maksim Bugis, yang saat ini menjadi Ketua DPRD Buru. Selain itu, ada Amrulah Madani Hentihu,  anak mantan Bupati Buru, Husni Hentihu, yang terpilih kembali.

Munir menyebutkan, sisa 15 kursi diraih delapan parpol lainnya. Yakni, PKB dan PPP masing – masing mendapat  tiga  kursi.  Partai Gerindra, Demokrat  dan Partai Hanura, masing – masing memperoleh  dua  kursi,  sedangkan PKS, PDIP dan PBB masing – masing memperoleh satu kursi.

Sedangkan tiga parpol lainnya, yakni PAN, Partai NasDem dan PKPI tidak memperoleh kursi di DPRD Buru. Munir juga menyebutkan, setelah penetapan 25 calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Buru,  KPU akan menyampaikan pemberitahuan secara resmi ke calon terpilih melalui Parpol. “KPU akan menyampaikan pemberitahuan kepada calon terpilih melalui Parpol paling lambat 18 Mei ini,” kata Munir. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku