Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Ajak Jurnalis Kawal Kampanye Pilgub Maluku

KPU Ajak Jurnalis Kawal Kampanye Pilgub Maluku

MEDIACENTER.-Mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku secara aman, damai dan berakhir membahagiakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku membuka Media Center, Sabtu (24/3/2018).
Dibukanya Media Center KPU Maluku, fokusnya untuk diskusi para Jurnalis dari berbagai media terkait proses Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2018-2023.
Diskusi pertama telah berlangsung, dengan materi pembahasan tentang Masa Kampanye. Narasumbernya Ketua KPID Maluku, Mutiara Watubun dan Insany Syahbarwaty dari Jurnalis media.
“Memang kami tidak perlu secara resmi membuka media center. Sebenarnya ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan. Ini sebenarnya diskusi rutin yang mengundang teman teman media sebagai narasumber. Hari ini narasumber Ibu Mutiara dan Ibu Insany. Pembahasannya masa kampanye, karena saat ini tahapan kampanye,” ungkap Ketua KPU Maluku, Samsul R. Kubangun sebagaimana dilansir dari laman Pamanawasnews.
Dikatakan, dalam proses pemilihan, tahapan pemutkhiran data telah dilewati. Dan agenda kedua saat ini adalah Masa Kampanye. Kedepan, diskusi serupa juga dilakukan dengan pembahasan lainnya. Narasumbernya pun berbeda dari para Jurnalis, baik dari media cetak ataupun elektronik.
“Berbicara kampanye ini di KPU sebenarnya ada 2 hal yang menjadi¬† tanggungjawab teman teman media cetak maupun elektronik. Pertama berkaitan dengan pemberitaan. Kedua iklan,” ujarnya.
Pemberitaan pada masa kampanye, tambah Kubangun, berkaitan dengan informasi yang disampaikan setiap calon terkait dengan visi dan misi serta program kerja mereka.
“Jadi sudah ada beberapa kali kampanye yang dimulai dari tanggal 15 Februari kemarin.
Kubangun menambahkan media adalah salah satu alat utama dalam menyalurkan, menyebarluaskan informasi mengenai program para calon atau tim relawan kepada masyarakat.
Media, jika tidak memainkan perannya, maka tim kampanye kesulitan menyampaikan visi misi dan programnya. Tapi, Kubangun mengingatkan hal yang paling penting dalam sebuah pemberitaan, yakni adanya perimbangan, adil dan setara.
“Untuk media cetak harus hati hati mengenai masalah iklan. Karena iklan ini berkaitan dengan pemberitaan,” ingatnya.
Sesuai aturan, tutur Kubangun, iklan hanya diberikan waktu selama 14 hari, sejak tanggal 10-23 Juni 2018 mendatang. Bahkan, pemasangan iklan sepenuhnya akan dibiayai oleh KPU.
“Desain iklan dari tim sukses dan disampaikan kepada kami, baik modelnya apa, dan cetak seperti apa. Nanti KPU yang akan membiayai program iklan baik media cetak maupun elektronik,” katanya.
Adanya kerjasama dengan media, lanjut Kubangun, penting dilakukan dalam rangka menyampaikan berbagai informasi, baik tahapan maupun hal lain yang berkaitan dengan proses Pilkada.

Lebih lanjut dikatakan, KPU akan memfasilitasi debat publik yang akan berlangsung sebanyak 2 kali. Sesuai aturan, debat bisa disiarkan langsung maupun tidak. Selain itu, diskusi media dalam media center direncanakan berlangsung sebanyak 2 atau 3 kali per bulan.

“KPU memfasilitasi debat publik sebanyak 2 kali. 1 kali tanggal 7 Mei, dan tanggal 23 Juni hari terakhir masa kampanye. Kalau menurut aturan itu bisa disiapkan secara langsung maupun tidak langsung. Soal nanti debat menggunakan media elektronik apa, kami akan minta KPID untuk menilai media mana yang paling banyak di tonton,” tandasnya.

Sementara dalam diskusi mengenai masa kampanye yang diberikan Ketua KPID Mutiara Watubun dan Insany Syahbarwaty dari Jurnalis media, intinya meminta media untuk tidak berpihak kepada salah satu calon.

Dalam pemberitaan, media dilarang untuk menjatuhkan salah satu calon tertentu saja. Semua calon harus setara dalam pemberitaan. Jika ada calon lain menyerang yang lain, maka tanggung jawab media untuk melakukan konfirmasi kepada calon yang diserang. Untuk diketahui, diskusi dipandu Moderator Tajudin Buano. Peserta diskusi berasal dari sebanyak 22 media cetak, elektronik dan online. Diskusi berlangsung sejak pukul 15.00 WIT, hingga pukul 17.00 WIT.(*)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku