Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Kota Ambon Mulai Lipat Surat Suara Pilpres

KPU Kota Ambon Mulai Lipat Surat Suara Pilpres

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon mulai hari ini, Rabu (25/6)  melakukan pelipatan dan penyortiran  surat suara pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) 9 Juli 2014.KPU Kota Ambon mengerahkan 61  warga untuk melipat dan menyortir surat suara Pilpres yang berlangsung di Gudang KPU Kota Ambon di kawasan Desa Passo Teluk Ambon.

 

“Pelipatan dan penyortiran surat suara mulai kita lakukan, lebih awal dari yang kita rencanakan sebelumnya, agar tidak mengganggu tahapan lainnya,” kata komisioner KPU Kota Ambon Rikkie Barbara Uruilal  kepada Media Center KPU Maluku, di lokasi pelipatan surat suara Rabu (25/6). Rikkie menyatakan, surat suara yang dilipat berjumlah  271.062 lembar. Jumlah tersebut mengacu pada daftar pemilih tetap (DPT) Pilpres yakni, 265.747, ditambah dengan surat suara  2 persen.

Berdasarkan hasil   pelipatan dan penyortiran surat suara sementara ditemukan sekitar 50  surat suara yang rusak, namun kerusakan tersebut menurut Rikkie tidak berpengaruh terhadap ketersediaan surat suara di KPU Kota Ambon. Ia menyatakan, sesuai jadwal pelipatan surat suara akan berlangsung hingga  Jumat 27 Juni nanti. Untuk mencegah hal –hal yang tidak diinginkan, pelipatan surat suara mendapat pengawalan ketat aparat Polres Pulau Ambon. Petugas memeriksa setiap warga yang melipat surat suara saat keluar dari gudang pelipatan suara suara tersebut.

“Semua pekerja yang hendak keluar gudang diperiksa barang –barangnya, ini kita antisipasi untuk mencegah jangan sampai ada yang membawa keluar surat suara,” katanya. Setelah pelipatan surat suara, KPU Kota Ambon akan mendistribusi logistik Pilpres ke tingkat PPK, PPS hingga ke TPS di Ambon. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku