Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Kota Ambon Prioritas Pemilih Disabilitas

KPU Kota Ambon Prioritas Pemilih Disabilitas

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon akan memprioritaskan pemilih penyendang cacat (Disabilitas) saat mendatangangi Tempat Pemungutan Suara pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 mendatang. Penyandang cacat perlu diperhatikan lebih awal karena mereka membutuhkan waktu yang lama saat menyalurkan hak suaranya.

“Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar memperhatikan lokasi pendirian TPS, baik  di ruang terbuka atau ruang tertutup. Yang penting dapat diakses dengan mudah oleh pemilih, terutama penyandang disabilitas. Khusus untuk penyandang cacat akan diprioritaskan,” kata Ketua KPU Kota Ambon, Mathinus Kainama kepada Media Centre KPU Maluku kemarin.

Dia mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan kepada petugas KPPS untuk memperhatikan pemilih disabilitas lebih awal, jadi mereka bisa didampingi oleh keluarga maupun petugas KPPS. dan KPPS harus merahasiakan apa yang dilakukan oleh penyandang cacat tersebut. Dia juga mengatakan, surat suara dalam bentuk braile untuk penyandang cacat sudah disiapkan, yakni sebanyak 81 lembar.

“Saya perintahkan untuk seluruh petugas KPPS di Kota Ambon untuk memprioritaskan seluruh penyandang cacat. Jika mereka datang ke TPS untuk menyalurkan hak politiknya maka sesegara mungkin dilayani,” tegas Marthinus.

Ia juga meminta petugas KPPS untuk mendesain TPS dengan baik, agar memberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas. Artinya untuk lokasi TPS penting memberikan jaminan kepada pemilih untuk dapat mengguna­kan hak pilihnya secara lang­sung, umum, bebas, dan rahasia. Jadi TPS yang didirikan di ruang terbuka, harus tersedia pelindung bagi pemilih, anggota KPPS, saksi, dan pengawas.“Hal ini dimaksudkan untuk meminilisir kesalahan pada saat pencoblosan nanti,” singkatnya. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku