Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Bahas Lagi Suara DPR RI Kota Tual

KPU Maluku Bahas Lagi Suara DPR RI Kota Tual

AMBON-Hasil Pemilu Legislatif (Pileg) di Kota Tual, Maluku  untuk lembaga DPR RI belum tuntas. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Senin (5/5) akan membahas  lagi perolehan suara DPR RI yang disampaikan KPU Kota Tual.

Pembahasan akan dilakukan dalam rapat pleno rekapitulasi dan penetapan  perolehan suara hasil Pileg di Kantor KPU Maluku. “Senin ini kita agendakan membahas  masalah rekapitulasi KPU Kota Tual, khusus untuk suara DPR RI saja ,” kata Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan kepada Media Center KPU Maluku, Senin (5/5).

Pembahasan tersebut dilakukan karena adanya keberataran dari tim sukses dan saksi partai politik terutama  Partai Golkar, terhadap perolehan suara untuk DPR RI di Kota Tual. Dimana masih terjadi perbedaan data perolehan suara dari saksi atau tim sukses  caleg Partai Golkar tertentu dengan dokumen yang disampaikan  KPU Kota Tual, dalam pleno rekapitulasi di KPU Maluku pekan kemarin.

KPU Maluku  berharap masalah tersebut bisa dituntaskan dalam rapat pleno nanti, apalagi perbedaan perolehan suara itu terjadi diinternal sesama caleg DPR RI Partai Golkar. KPU Maluku sebelumnya sudah menetapkan perolehan suara hasil Pileg di KPU Kota Tual untuk DPR RI.

Namun karena ditemukan sejumlah pelanggaran yang dilakukan komisioner  KPU Kota Tual, sehingga KPU Maluku membentuk tim untuk  menghitung ulang atau bedah  hasil Pileg di daerah itu hingga ke tingkat PPS.

Hasil hitung ulang tersebut ternyata ditemukan pergeseran angka – angka perolehan suara baik sesama caleg di internal parpol maupun dieksternal parpol. Menurut Musa, atas temuan tersebut sejumlah saksi dan tim sukses meminta KPU Maluku membedah lagi perolehan suara untuk DPR RI. “Ini yang akan kita bahas dalam rapat pleno nanti, semoga semuanya berjalan aman dan lancar,” kata Musa.  Sementara untuk perolehan suara DPD RI dan DPRD Provinsi sudah tidak ada masalah lagi dan sudah   ditetapkan KPU Maluku pekan kemarin. (NT)

 

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku