Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Beri Bintek Komisioner KPU Kota Tual

KPU Maluku Beri Bintek Komisioner KPU Kota Tual

AMBON-Sehari setelah dilantik, lima komisioner KPU Kota Tual, mendapat bimbingan teknis (Bintek) dari KPU Provinsi Maluku di Kantor KPU Maluku, Selasa (8/7).  Bintek dipimpin langsung Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan, didampingi tiga komisioner dan Sekertaris KPU Maluku Arsad Rahawaren.Kelima Komisioner KPU Kota Tual  yang baru itu adalah   Ibrahim Faqih, Sofya S Rahayaan,  Rifai Rumaf, Wawan Kurniawan dan Zainal Abidin Raharusun.

Dalam Bintek tersebut komisioner KPU Maluku memberikan pengarahan  tentang tugas – tugas  komisioner  KPU dalam penyelenggaraan  pemilu, terutama pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden 9 Juli besok. “Kita memberikan bimbingan teknis, penguatan kapasitas  secara singkat namun padat kepada komisioner yang baru dilantik ini, agar mereka lebih  paham tugas – tugas penyelenggaraan pemilu, terutama pelaksanaan Pilpres,” kata Musa di sela – sela Bintek tersebut.

Ia mengingatkan komisioner KPU  Kota Tual agar bekerja sesuai aturan saja jika ingin aman.  Musa juga menyatakan, pemberhentian  lima komisioner KPU Kota Tual oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena melakukan pelanggaran etika pemilu harus menjadi catatan bagi komisioner KPU Kota Tual yang baru dilantik. “Saya ingatkan saudara – saudara lagi, jangan sampai melakukan tindakan yang sama seperti lima orang yang sudah dipecat DKPP. Kalau ingin aman, jalankan tugas sesuai aturan saja, jangan macam-macam,” katanya.

Sementara itu komisioner KPU Maluku La Alwi menyatakan, pihaknya optimis komisioner KPU Kota Tual yang baru dilantik ini bisa menjalankan tugas Pilpres di Kota Tual dengan baik, karena penyelenggara ditingkat bawah PPK dan  PPS sudah mendapatkan Bintek dari KPU Maluku sebelumnya.

Ia menyatakan, setelah lima komisioner KPU Kota Tual dinonaktifkan sementara sebelum dipecat DKPP, tugas – tugas KPU Kota Tual diambil alih oleh komisioner KPU Maluku. Saat itulah, komisioner KPU Maluku memberikan Bintek kepada PPK, PPS di Kota Tual.

La Alwi juga menyatakan, KPU Maluku akan mendampingi KPU Kota Tual saat rekapitulasi penghitungan suara Pilpres di tingkat KPU Kota Tual. “Kita akan memberikan pendampingan kepada komisioner yang baru dilantik ini, terutama saat rekapitulasi  penghitungan suara di KPU Kota Tual,” katanya.

Sementara itu Sekertaris KPU Maluku  Arsad Rahawaren memberikan arahan kepada  komisioner KPU Kota Tual terkait hubungan komisioner dengan pemerintah daerah. Ia menyatakan, untuk mendukung  pelaksanaan pemilu, KPU harus bekerjasama dengan pemerintah daerah.

“Namun hubungannya hanya sebatas koordinasi untuk kelancaran tugas – tugas KPU mendukung pelaksanaan pemilu, jangan sampai hubungan dengan pemerintah daerah membuat  mereka menekan dan mengintervensi KPU. KPU independen bebas dari tekanan manapun,” kata Arsad. Ia juga mengingatkan komisioner soal penggunaan anggaran pemilu karena semuanya harus dipertanggungjawabkan. Sebelumnya, Senin (7/7) kelima komisioner KPU Kota Tual dilantik Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan menggantikan lima komisioner KPU Kota Tual yang dipecat DKPP.(NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku