Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku dan Saksi Tandatangani Berita Acara Rekapitulasi

KPU Maluku dan Saksi Tandatangani Berita Acara Rekapitulasi

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, bersama saksi partai politik (Parpol), dan saksi calon  anggota DPD RI, Rabu (7/5)  menandatangani formulir DC-1,berita acara dan sertifikasi  rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu Legislatif  (Pileg)  di Provinsi Maluku.

Penandatanganan berita acara  yang berlangsung di aula Kantor KPU Maluku itu, dilakukan setelah KPU Maluku menyelesaikan rapat  pleno rekapitulasi dan penghitungan suara hasil Pileg dari  11 kabupaten dan kota se Maluku.

Pantauan Media Centre KPU Maluku, penandatangan berita acara itu awalnya dilakukan lima komisioner KPU Maluku, dan kemudian secara berturut- turut dilakukan saksi partai politik dan saksi calon anggota DPD RI.

Mereka mendantangani berita acara untuk perolehan suara DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD RI untuk saksi calon anggota DPD RI. Untuk suara DPR RI, sejumlah saksi parpol tidak menandatangani berita acara, seperti saksi  Partai Golkar, PPP,PKS, PBB, dan PKB. Saksi yang tidak tandatangani,  mereka mengajukan keberatan dalam berita acara DC-2 atas hasil  DC-1.

Sedangkan saksi  partai lainnya mendatangani. Mereka adalah Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrasi (NasDem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Sementara itu, untuk DPRD Provinsi Maluku, hampir sebagian besar saksi parpol menandatangani berita acara tersebut. Sementara itu, untuk suara DPD RI, hanya sebagian kecil saja saksi calon anggota DPD RI yang menandatangani berita acara tersebut.

Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan yang memimpin penandatanganan berita acara tersebut menyatakan, berita acara tersebut tidak berpengaru meski ada saksi parpol maupun saksi calon anggota DPD RI  yang tidak menandatanganinya. “Itu hak setiap saksi untuk tidak tandatangani berita acara, dan itu tidak berpengaru atas proses rekapitulasi,” kata Musa

Musa juga menyatakan Kamis pagi akan membawa hasil pileg Provinsi Maluku di KPU RI untuk diplenokan. KPU Maluku dan Bawaslu Maluku dijadwalkan akan mengikuti rekapitulasi nasional, Kamis siang. (NT )

Check Also

Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas dan Whistle Blowing System (WBS) di Lingkup KPU Provinsi Maluku

Dalam rangka pembangunan menuju zona integritas serta untuk melengkapi infrastruktur etik dan mendeteksi adanya pelanggaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku