Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Lanjutkan Hitung Ulang Suara DPD RI

KPU Maluku Lanjutkan Hitung Ulang Suara DPD RI

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku hari ini, Selasa (1/7) melanjutkan penghitungan ulang suara  Dewan Perwakilan Daerah  (DPD) RI tingkat Kota Tual, Maluku. Hitung ulang suara DPD RI tersebut digelar di Kantor KPU Kota Tual dengan membuka formulir model C1 plano ditingkat tempat pemungutan suara (TPS).Penghitungan ulang dilakukan KPU Maluku karena seluruh komisioner KPU Kota Tual  dinonaktifkan sementara terkait dugaan pelanggara pemilu di daerah itu.

Komisioner KPU Maluku La Alwi  menyatakan, untuk hari kedua penghitungan ulang suara DPD RI ini, pihaknya akan menghitung ulang suara di Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, dengan keseluruhan  TPS berjumlah 95.

“Hari ini kita hitung C1 plano untuk Kecamatan Dullah Selatan, TPS di kecamatan ini 95 TPS, hari ini akan selesai dihitung seluruhnya,” kata La Alwi saat dihubungi Media Center KPU Maluku dari Kota Ambon. Saat ini, lima komisioner KPU Maluku berada di KPU Kota Tual untuk pelaksanaan penghitungan ulang tersebut.

Penghitungan ulang disaksikan saksi calon anggota DPD RI, Panwaslu Kota Tual  dan aparat Kepolisian setempat. Sebelumnya pada Senin (30/6) KPU Maluku sudah melakukan penghitungan ulang di sejumlah TPS  di daerah itu. Penghitungan ulang suara DPD RI dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan yang diajukan calon anggota DPD RI La Ode Salimin. Dalam putusannya, MK memerintahkan KPU Kota Tual melakukan penghitungan ulang suara DPD RI, namun karena seluruh komisioner KPU Kota Tual sudah dinonaktifkan sementara, maka penghitungan  ulang dilalukan  KPU Maluku di KPU Kota Tual. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku