Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Mulai Audit Dana Kampanye

KPU Maluku Mulai Audit Dana Kampanye

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi  Maluku mulai mengaudit penggunaan dana kampanye 12 partai politik (Parpol) dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg). Audit dana kampanye dilakukan enam  Kantor  Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk KPU Maluku. Enam KAP tersebut yakni, KAP Hasan Salibu, KAP Kamashum, dan KAP Erfan dan Rakhmawan.

Dalam audit  penggunaan dana kampanye ini, setiap KAP mendapat jatah  dua parpol di Maluku  untuk diaudit. Ketua Pokja Dana Kampanye KPU Maluku Denny  Pinantoan menyatakan, KPU Maluku menunjuk enam KAP untuk mengaudit penggunaan  dana  kampanye 12 parpol  mulai tingkat kabupaten/kota hingga tingkat  Provinsi Maluku.  

 

“Enam  KAP yang ditunjuk KPU   sudah mulai  mengaudit penggunaan dana kampanye   12  parpol yang ada di Maluku,”kata Finantoan kepada Media Center KPU Maluku, Jumat (9/5).

Ia menyatakan, setiap KAP mendapat jatah  mengaudit dana kampanye  dua Parpol  tingkat kabupaten/kota hingga dana kampanye Parpol tingkat provinsi. Misalnya menurut Pinantoan, KAP Hasan  Salibu mengaudit dana kampanye Partai Demokrat Maluku, hingga penggunaan dana kampanye Partai Demokrat di 11 Kabupaten dan kota  di Maluku.

Menurutnya, seluruh laporan dana kampanye yang diaudit  sudah diserahkan parpol mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga  provinsi ke KPU Maluku. Parpol tingkat kabupaten/kota sebelumnya sudah menyerahkan dana kampanye ke KPU Kabupaten/kota, laporan dana kampanye kemudian dibawa ke KPU Maluku.

Pinantoan menyatakan, pelaksanaan audit dana kampanye akan berlangsung hingga 25 Mei nanti. Setelah diaudit, enam KAP tersebut akan melaporkan dana kampanye ke KPU Maluku.  “Setelah KAP mengaudit dana kampanye, mereka kemudian melaporkan ke kita lagi,” kata Pinantoan.  Sementara itu, laporan dana kampanye calon anggota DPD RI dan calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Parpol    sudah dibawa ke KPU RI untuk diaudit  KAP.  (NT)

 

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku