Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Pantau Penetapan DPT Pilpres

KPU Maluku Pantau Penetapan DPT Pilpres

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku akan memantau penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) yang akan mulai dilakukan pekan ini. Monitoring dilakukan secara berjenjang oleh lima komisioner,mulai dari tingkat panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa/kelurahan  hingga KPU kabupaten/kota.

Sesuai jadwal KPU,penetapan DPT Pilpres akan digelar secara berjenjang, mulai dari  tinggat PPS yakni,  pada  tanggal   4-5 Juni ini. Kemudian penetapan DPT di tingkat PPK pada 6–7 Juni,  penetapan DPT di  KPU kabupaten/kota pada 8-9 Juni, di KPU Provinsi 10-11 dan  penetapan DPT di KPU RI pada 12 hingga 13 Juni.

“Komisioner KPU Maluku akan turun ke daerah – daerah melakukan  monitoring penetapan DPT Pilpres  secara berjejang. Dalam monitoring ini, kita ambil sampel saja penetapan DPT di sejumlah lokasi,” kata  komisioner KPU Maluku Hanafi Renwarin kepada Media Center KPU Maluku, Senin (2/6).

Hanafi sendiri bertugas  memonitoring penetapan DPT di wilayah Kota Tual,  Kabupaten Maluku Tenggara dan Kabupaten  Kepulauan Aru. Sedangkan empat  komisioner akan memonitoring di daerah lainnya.

Ia menyatakan, belum bisa memastikan jumlah DPT Pilpres yang akan ditetapkan tersebut. Karena saat ini petugas PPS di seluruh Maluku   masih melakukan pemutakhiran daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran (DPSHP) sebelum akhirnya ditetapkan menjadi DPT Pilpres. DPSHP tersebut berasal dari DPT, daftar pemilih khusus (DPK), daftar pemilih khusus tambahan (DPKTB) Pileg  dan pemilih pemula Pilpres.

Monitoring penetapan DPT  ini menurut Hanafi dilakukan untuk memastikan agar persoalan  DPT di Maluku  berjalan aman, tanpa masalah lagi dikemudian hari. Setelah DPT Pilpres ditetapkan, menurut Hanafi, KPU masih membuka ruang kepada pemilih yang belum  masuk dalam DPT Pilpres,  agar bisa   dimasukan dalam daftar pemilih khusus (DPK) Pilpres.

Proses pemukhtahiran DPK Pilpres bagi pemilih yang belum terdaftar akan berlangsung hingga 2 Juli 2014 atau DPK tersebut sudah ditetapkan KPU Provinsi sepekan sebelum pelaksanaan Pilpres 9 Juli. “KPU membuka ruang seluas – luas kepada pemilih yang belum terdaftar agar melaporkan ke petugas PPS terdekat sehingga bisa didata sebagai pemilih. Kami ingin memastikan seluruh pemilih agar terdaftar,    dapat mejalankan  hak konstitusinya,menggunakan hak pilih dalam Pilpres,” kata Hanafi. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku