Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Persilakan Parpol Gugat Hasil Pileg ke MK

KPU Maluku Persilakan Parpol Gugat Hasil Pileg ke MK

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku tidak keberatan ada  upaya hukum yang dilakukan setiap parpol  dan calon anggota DPD RI atas penetapan perolehan suara hasil Pemilu Legislatif (Pileg) di Maluku.

KPU mempersilahkan Parpol  dan calon anggota DPD RI   untuk melakukan upaya hukum  hingga ke Mahkamah Konstitusi (MK) bila tidak puas atas perolehan suara yang ditetapkan KPU Maluku, Rabu (7/5) malam.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua KPU Provinsi Maluku, Musa Latua Toekan  kepada wartawan di Media Center KPU Maluku, Rabu  (7/5) menanggapi informasi sejumlah parpol dan caleg gagal yang  akan  menggugat KPU Provinsi Maluku.

Menurut Musa, dalam pleno rekapitulasi, KPU Maluku hanya membacakan hasil rekapitulasi ditingkat kabupaten dan kota se Maluku, yang termuat dalam formulir DB1 KPU, sehingga hasil yang dibacakan berdasarkan apa yang dilakukan oleh komisioner   KPU di tingkat kabupaten/kota.

“Pada prinsipnya KPU Maluku hanya menyalin hasil perolehan suara dari DB1 ke DC1 KPU Provinsi. Jadi apanya yang mau digugat. Kita hanya menjalankan mekanisme yang ada saja, tapi kalau ada yang mau gugat silahkan saja, itu hak mereka,” tegas Musa.

Ditempat yang sama  komisioner KPU Maluku La Alwi mengatakan, disamping pihaknya hanya menyalin kembali  hasil putusan KPU kabupaten/kota, dalam rapat pleno tingkat provinsi, seluruh keberatan yang diajukan sudah ditindak lanjuti.   “Siapapun  dia termasuk caleg, kalau tidak puas silakan mengajukan gugatan ke MK,” katanya.

KPU Maluku pada Rabu (7/5)  malam, bersama para saksi parpol dan saksi calon anggota DPD RI menandatangani berita acara rekapitulasi dan penetapan perolehan suara hasil Pileg di Maluku, menandai berakhirnya rekapitulasi di 11  kabupaten/kota di Maluku.

Dalam penandatanganan berita acara tersebut, sejumlah saksi parpol dan saksi calon anggota DPD RI  tidak  ikut menandatangani  berita acara. Para saksi parpol dan calon anggota DPD RI menyampaikan catatan keberatan kepada KPU.
(NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku