Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Rekap Hasil Pileg Malteng

KPU Maluku Rekap Hasil Pileg Malteng

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, Minggu (4/5) petang menggelar rapat pleno  rekapitulasi penghitungan dan penetapan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Hingga kini masih ada dua daerah di Maluku  yang belum menyampaikan hasil Pileg ke KPU Maluku.

Rapat pleno terbuka yang berlangsung di aula Kantor KPU, dipimpin Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan, dihadiri komisioner KPU, Bawaslu Maluku dan para saksi partai politik dan saksi calon anggota DPD RI. Rapat pleno menghadirkan komisioner KPU dan Panwaslu  Malteng.

Sebelum komisioner KPU Maluku membacakan perolehan suara DPD RI, DPR RI dan DPRD Provinsi, komisioner KPU Malteng membuka kotak suara tersegel  berisi hasil perolehan suara  Pileg di daerah tersebut. Hingga kini komisioner KPU Maluku masih membacakan perolehan suara untuk DPR RI, disusul DPR RI dan DPRD Provinsi.

Berdasarkan tata tertib pleno rekapitulasi, setelah komisioner membacakan perolehan suara, saksi parpol dan saksi calon anggota DPD RI diberikan kesempatan untuk menanggapi perolehan suara sesuai dengan dokumen yang disampaikan KPU Malteng, apakah sesuai dengan data yang dimiliki saksi atau tidak.

Jika tidak ada keberatan atas hasil perolehan suara yang disampaikan KPU Malteng, Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan kemudian menetapkan perolehan suara hasil Pileg di Malteng.  Untuk diketahui, khusus DPRD Provinsi Maluku, untuk   Daerah Pemilihan  Malteng  tersedia sepuluh kursi yang diperebutkan 12 parpol peserta pemilu.

Sebelumnya, Minggu siang, KPU Maluku menetapkan perolehan suara hasil Pileg di Kabupaten Seram Bagian Barat untuk DPD RI, DPD RI dan DPRD Provinsi Maluku.

Hingga kini masih ada dua daerah yakni,   Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kabupaten Maluku Barat Daya, hasil Plegnya  belum diplenokan di KPU Maluku. Rencananya KPU di kedua daerah tersebut baru bisa menyampaikan hasil pleno ke KPU Maluku Senin (5/5) besok. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku