Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Tunda Pleno Hasil Pileg SBT Hingga Besok

KPU Maluku Tunda Pleno Hasil Pileg SBT Hingga Besok

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, akhirnya menunda lagi  rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu Legislatif (Pileg) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) hingga Selasa (6/5) pagi.

Penundaan ini dilakukan karena komisioner KPU SBT yang membawa kotak suara hasil Pileg di daerah itu terlambat tiba di Kota  Ambon dari jadwal yang disampaikan sebelumnya. Komisioner KPU SBT baru tiba di Ambon, pada Senin malam dengan menggunakan kapal fery.

“Komisioner Tual masih dalam perjalanan dari Seram Bagian Timur, mereka baru tiba di Ambon  Senin malam, ada keterlambatan waktu dari perkiraan sebelumnya, sehingga pleno di KPU Maluku ditunda hingga Selasa besok,” kata komisioner KPU Maluku La Alwi kepada Media Center KPU Maluku, Senin (5/5) siang.

Ia menyatakan  dalam rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di Kantor KPU Maluku, Minggu (4/5) sudah disampaikan kalau rekapitulasi hasil Pileg SBT akan digelar Senin (5/5) siang atau sore. Namun karena masalah teknis keterlambatan kedatangan   komisioner KPU SBT sehingga rekapitulasi tidak bisa digelar Senin ini. “Komisioner KPU SBT baru tiba di Ambon Senin petang, mereka butuh istirahat juga  karena perjalalan dari SBT pasti melelahkan. Karena itulah kita baru bisa gelar pleno Selasa besok,” kata La Alwi.

Menurutnya,  rekapitulasi hasil Pileg oleh KPU SBT di wilayah itu berjalan lamban karena adanya keberatan dari para saksi parpol dan saksi calon anggota DPD RI. Selain itu keterlambatan juga terjadi akibat adanya pemungutan suara ulang di sejumlah TPS pada wilayah SBT. Kondisi  itulah yang menyebabkan rekapitulasi di tingkat KPU SBT molor.

Dalam rapat pleno  di  KPU Maluku akan membacakan perolehan suara untuk tiga lembaga yakni, DPD RI,DPR RI dan DPRD Provinsi Maluku. Sedangkan untuk hasil Pileg di Kabupaten  MBD  menurut La Alwi, komisioner KPU setempat saat ini kesulitan transportasi menuju Kota Ambon untuk dilakukan rekap di KPU Maluku. “KPU MBD belum bisa membawa hasilnya ke KPU Maluku, karena kesulitan transportasi. Kita berharap dalam waktu dekat sudah ada penerbangan ke Ambon,” kata Musa. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku