Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU MBD Belum Tetapkan 20 Aleg DPRD Terpilih

KPU MBD Belum Tetapkan 20 Aleg DPRD Terpilih

AMBON- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Provinsi Maluku,  hingga kini belum menggelar rapat  pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih 20  anggota DPRD Kabupaten setempat. Keterlambatan penetapan itu terjadi karena  seluruh  komisioner KPU baru tiba di Kisar, Ibukota Kabupaten MBD  pada Kamis (15/5) setelah membawa kotak suara hasil  pemilu legislatif  (Pileg) 9 April ke KPU Maluku di Kota Ambon.

Rencananya KPU MBD akan menggelar rapat pleno penetapan   perolehan kursi partai politik dan calon terpilih DPRD Kabupaten MBD pada  Sabtu (17/5)  besok. Komisioner KPU Maluku  Iriane Sosiawaty  Ponto menyatakan, berdasarkan informasi dari Ketua KPU MBD Rommi Imleda Rumambi,  saat ini komisioner KPU MBD tengah mempersiapkan administrasi untuk pelaksanaan rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD Kabupaten MBD periode 2014 – 2019.

KPU MBD akan melayangkan  surat pemberitahuan kepada parpol peserta pemilu untuk mengikuti pelaksanaan rapat pleno tersebut.

“Rencananya, Sabtu  besok KPU MBD baru menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi dan  calon terpilih DPRD Kabupaten MBD, mereka terlambat penetapan karena komisioner baru balik dari Ambon, setelah membawa kotak suara hasil Pileg di daerah itu ke KPU Maluku,” kata Ponto kepada Media Center KPU Maluku, Jumat (16/5).

Ponto menyatakan, komisioner KPU MBD terlambat balik ke wilayah mereka karena kesulitan transportasi dari Kota Ambon ke MBD, sehingga pelaksanaan rapat pleno penetapan juga tertunda. Ia juga menyebutkan, calon terpilih anggota DPRD MBD  hanya 20 kursi, itu karena  jumlah pemilih di daerah tersebut  hanya 100 juta lebih.  “Kami minta KPU MBD secepatnya menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, karena saat ini tahapan Pilres sudah berjalan lagi,” kata Ponto. Setelah penetapan calon terpilih, KPU MBD akan menyampaikan surat pemberitahuan kepada calon terpilih lewat parpol peserta pemilu. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku