Home / ... Info Terkini / Berita Umum / La Ode Salimin Terancam tak Masuk Senayan

La Ode Salimin Terancam tak Masuk Senayan

AMBON-La Ode Salimin, calon anggota DPD RI nomor urut 15 dapil Maluku yang sebelumnya memperoleh suara terbanyak keempat terancam tak masuk senayan setelah KPU Maluku menetapkan hasil perolehan suara calon anggota DPD RI dari Kota Tual.

Suara La Ode Salimin di Kota Tual sebelumnya berjumlah 4.240 namun setelah dibaca kembali dokumen DB 1 oleh KPU Kota Tual, suaranya berkurang menjadi 2.240 sehingga total jumlah perolehan suaranya yang sebelumnya berjumlah 62.548 setelah ditetapkan KPU turun menjadi menjadi 60.548 suara.

Penurunan suara La Ode Salimin ini membuat calon anggota DPD RI nomor 21 atas nama Novita Anakotta langsung berada di posisi keempat, dengan mengantongi 62.501, sebelum data DB 1 dibacakan Novita memperoleh 62.401 suara.

Pergeseran suara juga terjadi pada calon angota DPD nomor urut 13 atas nama Jhon Pieris. Sebelumnya Jhon Pieris memperoleh 62.716 suara namun setelah dokumen DB1 dibaca ulang ternyata suaranya bertambah menjadi 63.016 suara.

Hal yang sama juga terjadi pada calon anggota DPD nomor urut 5 Anna Latuconsina, calon nomor urut 9 Anjelina Patiasina, Anna sebelumnya memperoleh 107.676 suara namun setelah data DB 1 dari Kota Tual dibaca ulang suaranya menjadi 108.876 suara. Pergeseran suara juga terjadi pada pada calon anggota DPD lainnya.

Dengan adanya penetapan rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPD dari Kota Tual yang telah ditetapkan KPU ini maka posisi La Ode Salimin yang sebelumnya berada diposisi ke-4 secara otomatis langsung digusur Novita Anakota yang sebelumnya berada di posisi ke-5.

“Kita sudah sahkan pleno rekapitulasi penghitungan suara untuk seluruh kabupaten Kota di Maluku dan besok itu kita akan membawa hasilnya ke KPU pusat,” kata Ketua KPU Maluku, Musa Latua Toekan kepada wartawan di Media Center KPU Maluku.

KPU Maluku memerintahkan KPU KotaTual untuk membaca ulang hasil perolehan suara calon anggota DPD dan calon anggota DPR RI pada data DB 1 dari Kota Tual setelah Bawaslu Maluku mengeluarkan rekomendasi terkait adanya temuan kecurangan pemilu di Kota Tual. (NT)

Check Also

Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas dan Whistle Blowing System (WBS) di Lingkup KPU Provinsi Maluku

Dalam rangka pembangunan menuju zona integritas serta untuk melengkapi infrastruktur etik dan mendeteksi adanya pelanggaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku