Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Partisipasi Pemilih Pileg Maluku Capai 78 Persen

Partisipasi Pemilih Pileg Maluku Capai 78 Persen

AMBON-Partisipasi masyarakat di Provinsi Maluku dalam mengikuti pemilu legislatif (Pileg) 9 April lalu mencapai 78 persen. Angka ini terungkap dari hasil akhir rapat pleno rekapitulasi dan penghitungan suara yang tertuang dalam DB1 KPU Provinsi Maluku sebanyak 970.864 suara.

Dalam data pemilih, total jumlah pemilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) termasuk pengguna Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) untuk Provinsi Maluku sebanyak 1.234.127.


Sementara untuk data pengguna hak pemilih yang tertuang dalam DPT, DPTb, termasuk KTP, KK dan lainnya berjumlah 970.864. Untuk jumlah suara sah dan tidak sah sama dengan jumlah pengguna hak pilih yakni sebanyak 970.864, dimana untuk suara tidak sah sebanyak 43.526 dan suara sah sebanyak 927.338.

Dari klasifikasi jumlah total suara tersebut maka bisa terungkap secara jelas total partisipasi pemilu legislatif di provinsi Maluku sebanyak 78 persen. Dengan angka tersebut maka partisipasi masyarakat dalam memilih wakil rakyat di Maluku untuk tahun 2014 lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. (NT)

 

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku