Home / ... Info Terkini / Berita Umum / PDI-Perjuangan Pimpin DPRD Provinsi Maluku

PDI-Perjuangan Pimpin DPRD Provinsi Maluku

AMBON-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) keluar sebagai pemenang pemilu legislatif (Pileg) di Provinsi Maluku dan berhak mengajukan wakilnya sebagai Ketua DPRD Povinsi Maluku periode 2014-2019, setelah mampu meraih suara terbanyak dalam pileg 9 April 2014 lalu.

PDI-P menang setelah mampu  meraih 147.159 suara dan memastikan meloloskan 7 wakilnya ke DPRD Provinsi Maluku.  Meski mendapatkan 7 kursi namun jumlah tersebut mengalami  penurunan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya yakni 8 kursi. Meski demikian 7 kursi yang diraih PDI-P saat ini merupakan jumlah kursi terbanyak yang diraih partai politik lainnya.

 

Dengan kemenangan ini, PDI-P secara otomatis akan menduduki jabatan kursi Ketua DPRD Provinsi Maluku yang selama ini dijabat oleh kader Partai Golkar. Kemenangan PDI-P pada pileg 9 April 2014 ini juga membuat  Partai Golkar harus puas tergeser diposisi ke-2 setekah hanya mampu meraih 6 kursi di  DPRD Provinsi Maluku.

Dengan begitu Partai Golkar hanya dapat mengajukan wakilnya untuk menjabat Wakil Ketua DPRD Maluku. Selain Partai Golkar, dua Partai yang berhak mengajukan wakilnya sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku yakni Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga sama-sama memperoleh 6 kursi di  DPRD Maluku.

Sebelumnya, Partai Golkar pada pileg 2009 lalu mampu meraih 8 kursi di DPRD Maluku dan saat ini hanya mewakilkan 6 orang wakilnya di DPRD Maluku, sedangkan Partai Demokrat dan PKS masing-masing mampu mempertahankan jumlah 6 kursi yang diraih pada pileg 2009 silam.

salah satu Kader PDI-P M Maluku, Nahwan Matdoan, mengatakan kemenangan partainya  tak lepas dari  kerja keras seluruh kader dan caleg serta kepercayaan masyarakat Maluku kepada partai.”Kemanangan ini berkat kerja keras kader partai dan juga keperayaan masyarakat,”katanya (NT)



Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku