Home / ... Info Terkini / Berita Umum / PHPU Maluku Masuk Panel Tiga, Ditangani Tiga Hakim

PHPU Maluku Masuk Panel Tiga, Ditangani Tiga Hakim

AMBON-Mahkamah Konstitusi (MK) telah membagi penanganan sidang   perkara perselisihan hasil pemilu (PHPU)  kedalam tiga panel. Untuk  sidang  PHPU  yang  digugat Parpol dan calon anggota DPD RI dari Maluku ke MK, masuk dalam panel tiga,  yang ditangani tiga orang hakim MK.  Ketiga hakim tersebut adalah Ahmad Fadlil Sumadi, Maria Farida Indrati dan Aswanto.

“MK sudah membagi penanganan  perkara PHPU dalam tiga panel, Maluku masuk panel tiga. Persidangan gugatan Parpol dan calon DPD RI dari Maluku akan ditangani tiga hakim MK itu,” kata komisioner KPU Maluku Samsul Rivan Kubangun kepada Media Center KPU Maluku, Sabtu (31/5).

Ia menyatakan, Maluku masuk dalam panel tiga sidang perkara  PHPU di MK dengan sejumlah daerah lainnya.  Yakni, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan,  NTT, Maluku Utara dan Papua Barat. Gugatan PHPU di daerah – daerah itu  akan ditangani tiga hakim panel tersebut.

Kubangun menyatakan, saat ini hakim panel masih menyidangkan PHPU Provinsi Jawa Barat  dan Kalimantan Selatan yang digugat Parpol dan calon DPD RI. Dalam sidang panel ini, agenda sidang yakni pembuktian  saksi pemohon dan saksi termohon. Sedangkan PHPU provinsi  lainnya termasuk Maluku belum dilakukan sidang.“Saat ini panel tiga masih menangani Jawa Barat dan Kalimantan Selatan, sedangkan Maluku dan provinsi lainnya belum ada jadwal sidang, nanti setelah ini baru kita,” kata Kubangun.

Ia menyatakan, mekanisme persidangan di MK,  hasil  sidang  panel itu  kemudian dibawa dalam sidang pleno yang dihadiri  seluruh hakim MK  untuk memvonis perkara  PHPU yang digugat parpol dan calon DPD RI tersebut. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku