Home / ... Info Terkini / Berita Umum / PPS Bermasalah di SBT tak Dipakai Pada Pilpres

PPS Bermasalah di SBT tak Dipakai Pada Pilpres

AMBON-Komitmen untuk mewujudkan penyelenggara pemilu presiden yang bersih juga ditunjukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Maluku. Sebelumnya KPU kabuaten Kota lainnya di Maluku telah menegaskan tak akan mempertahankan penyelenggara pemilu ditingkat bawah yang saat pemilu legislatif (pileg) bermasalah.

 

Ketua KPU SBT, Kisman Kilian mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk mewujudkan pilpres yang berkualitas dan demokratis di SBT. Sehingga jika ada petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang bermasalah akan segera diganti.

“Komitemen kita adalah agar pilpres berjalan dengan bersih dan berkualitas. Itu dapat terwujud  bukan hanya karena dukungan masyarakat yang semakin cerdas tetapi juga penyelenggara ditingkat bawah yang bekerja dengan baik dan tidak curang,”ungkap Kisman.

Dia mengakui, pihaknya telah mengintruksikan kepada seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di SBT dapat memantau seluruh PPS dan KPPS dengan baik, dan jika ada yang terlibat berafiliasi atau memihak kepada partai politik tertentu atau kepada calon presiden tertentu maka harus segeradiganti sebelum pilpres.

“Konsekwensinya harus diganti jika kedapatan ada yang memihak pada partai politik tertentu, dan itu sudah menjadi komitmen kita,”ujarnya.

Dia menambahkan, KPU pusat juga telah menyampaikan surat edaran terkait masalah tersebut, sehingga pihaknya tidak akan mentolerir setiap tindakan yang akan mencederai proses pilpres juli mendatang.”Oh tentu kita tidak akan mentoleransi soal masalah itu,”ujarnya (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku