Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Rapat Kerja KPU Provinsi Maluku dengan KPU Kabupaten/Kota se-Maluku

Rapat Kerja KPU Provinsi Maluku dengan KPU Kabupaten/Kota se-Maluku

Rapt Kerja Bagian Hukum1Menyongsong  penyelenggaraan Pilkada Jilid 2 di Maluku yang akan dilaksanakan serentak di 5 (lima) Kabupaten/Kota di Maluku pada 2017 mendatang, KPU Provinsi melakukan penyuluhan/pembekalan dan evaluasi Peraturan KPU dan Produk Hukum terkait penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017.

Kegiatan tersebut adalah merupakan wujud dari penguatan internal kelembagaan dalam mempersiapkan pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan di tahun 2017 secara serentak di 5 daerah yakni  Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Buru dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat  namun  kegiatan tersebut tidak hanya diikuti oleh 5 KPU Penyelenggara Pilkada serentak tetapi diikuti juga oleh 11 KPU Kabupaten/Kota se-Maluku sekaligus sebagai bahan evaluasi terhadap penyusunan regulasi tahapan pemilu di telah dilaksanakan di Tahun 2015 yang lalu.

Rapat Kerja bagian Hukum2

4 (empat) Rancangan PKPU yang telah dilakukan uji publik pada 14 April 2016 lalu di KPU RI, dibahas dalam kegiatan penyuluhan tersebut yakni:

  1. Rancangan PKPU terhadap perubahan kedua PKPU Nomor 09 Tahun 2015 tentang Pencalonan.
  2. Rancangan PKPU perubahan atas PKPU Nomor 6 Tahun 2015 Tentang NSPK.
  3. Rancangan PKPU perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye.
  4. Rancangan PKPU atas perubahan PKPU Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Disela penyampaian materinya Komisioner KPU La Alwi, berharap dengan meningkatnya sosialisasi di lingkup KPU, Pemilih serta Stakeholders sesuai target Nasional Tingkat Partisipasi Pemilih mencapai 77,5 % harapan kami pada pilkada 2017 mendatang di Maluku tingkat partisipasi mencapai 70 %.

Kegiatan tersebut ditutup dengan dilakukannya simulasi penyusunan Keputusan yang dipandu oleh Komisioner KPU Syamsul R. Kubangun, dengan membentuk 5 Kelompok, setiap kelompok diminta untuk menyusun serta mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya terkait Keputusan- keputusan  yang sifatnya mengatur (Regeling) dan bersifat penetapan (Beschikking). (ZIR.01 ES)

 

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku