Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Ratusan Warga Benteng, Ambon Coblos Ulang

Ratusan Warga Benteng, Ambon Coblos Ulang

AMBON-Ratusan warga Kelurahan Benteng Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Kamis (17/4)  kembali mencoblos, dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 untuk   memilih anggota DPD RI,DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Ambon.    PSU digelar karena saat Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu ditemukan sejumlah kecurangan di TPS  itu.

Sejak pukul 07.00 WIT petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah membuka TPS. Petugas membawa kotak –kotak suara yang masih tersegel, dan dibuka oleh KPPS disaksikan para saksi partai politik dan calon anggota DPR RI.  Warga terlihat antusias datang ke TPS untuk menggunakan hak politiknya.

Ketua KPU Kota Ambon Martinus Kainama menyatakan, waktu pelaksanaaan PSU sama dengan Pileg 9 April lalu, yakni mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIT. “Pelaksanaan PSU di TPS 10 sudah digelar. TPS dibuka mulai pukul 07.00 hingga selesai 13.00 WIT,”kata Kainama, Kamis (17/4).

Berdasarkan daftar pemilih tetap dan daftar pemilih khusus, pemilih di TPS 10 berjumlah 384 orang. Pemilih  mencoblos ulang wakil mereka yang akan duduk di DPD RI, DPR RI, DRPD Provinsi dan DPRD Kota Ambon.

Panitia Pengawas Pemilu  (Panwaslu) Kota Ambon sebelumnya  mengeluarkan rekomendasi ke KPU Ambon untuk digelar PSU di TPS  tersebut, setelah ditemukan kecurangan saat Pileg 9 April lalu. Kecurangan yakni, jumlah surat suara DPRD Provinsi Maluku  yang dicoblos di dalam kotak suara, tidak sama dengan surat suara  DPRD Kota Ambon, DPR RI dan DPD RI. Ada pemilih yang mencoblos lebih dari satu kali, sehingga Panwaslu memutuskan agar KPU menggelar PSU di TPS 10  Kelurahan Benteng.

Pelaksanaan PSU di TPS itu terlambat karena KPU Kota Ambon  harus menunggu surat suara jenis   PSU dari KPU RI lewat perusahan pengadaan logistik di Solo, Jawa Tengah. Petugas KPPS sebelumnya  sudah menyampaikan  pemberitahuan pelaksanaan PSU kepada pemilih di TPS tersebut.

Untuk mencegah terjadi kecurangan, pelaksanaan PSU mendapat pengawasan dari KPU, Panwaslu Kota Ambon,  dan penyelenggara tingkat bawa lainnya. Sejumlah aparat kepolisian juga disiagakan di TPS tersebut untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama proses PSU. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku