Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Rekapitulasi PPK Sirimau, Ambon Kembali Molor

Rekapitulasi PPK Sirimau, Ambon Kembali Molor

AMBON-Rekapitulasi penghitungan suara pemilu legislatif (Pileg) 9 April lalu, di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sirimau Kota Ambon, Kamis (17/6)  kembali molor. Namun PPK Sirimau memastikan, rekapitulasi bakal digelar pada Sabtu (19/4).

Koordinator PPK Sirimau, Boike Defretes mengatakan tertundanya rekapitulasi di PPK Sirimau akibat sejumlah kotak suara dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa  belum dimasukan ke PPK.

 

Ia menyatakan hingga kini kota suara yang sudah dimasukan ke PPK Sirimau sebanyak 11 PPS. Diantaranya PPS Kelurahan Rijali, PPS Kelurahan Batu Gaja, PPS Kelurahan Karang Panjang, PPS Kelurahan Negeri Soya, PPS Kelurahan Hunipopu, PPS Kelurahan Uritetu, PPS Kelurahan Pandan Kasturi, PPS Kelurahan Ahusen, dan PPS Kelurahan Galala.

Sementara kotak suara yang belum dimasukan  ke PPK Sirimau  berasal dari  8 PPS. Yakni PPS Waihoka, Hative Kecil dan enam PPS dari Desa Batu Merah Ambon. “PPS-PPS tersebut sudah selesai melakukan   rekapitulasi,  namun masalah administrasi belum rampung sehingga belum bisa diantar ke kami,” katanya.

Selain masalah tersebut, Boike juga menyatakan  di TPS Hative Kecil akan dilakukan penghitungan suara  ulang di tingkat PPS karena ada protes dari warga  atas hasil rekapitulasi.

Dia mengakui, berdasarkan jadwal dari  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, terhitung  14 hingga 17 April semua PPK sudah harus menggelar rekapitulasi penghitungan suara.

“Namun bagi kita di  Sirimau belum bisa digelar rekapitualsi karena masih  terkendala sejumlah persoalan, ada sejumlah PPS yang sudah selesai rekapitulasi namun proses administrasinya belum diselesaikan, sehingga kami belum bisa menggelar rapat pleno rekapitulasi,” katanya. Ia memastikan, Jumat (18/4) besok, rekapitulasi di tingkat PPS sudah berakhir, sehingga PPK Sirimau dapat menggelar pleno rekapitulasi pada Sabtu (19/4) nanti.   (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku