Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Senin, 18 TPS di Malteng Coblos Ulang

Senin, 18 TPS di Malteng Coblos Ulang

AMBON- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Tengah (Malteng), Senin (21/4) akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di 18  Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada empat kecamatan di wilayah itu. PSU digelar karena ditemukan sejumlah kecurangan saat Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu. 18 TPS yang akan menggelar PSU yakni, 4 TPS di Kecamatan Teluti, 2 TPS di Desa Sepa Kecamatan Amahai,  5 TPS di Kecamatan Banda, dan 7 TPS di Desa Hitumessing Kecamatan Leihitu.

 

Komisioner  KPU Malteng  Abdussamad Ningkeula menegaskan, berbagai kesiapan teknis untuk PSU di 18 TPS tersebut sudah selesai dilakukan.  KPU juga sudah melakukan  sosialisasi kepada   warga di 18 TPS  untuk pelaksanaan PSU itu. Saat ini menurut Ningkeula, pihaknya  menunggu kedatangan empat jenis  surat suara untuk PSU  dari  Kota Solo, Jawa Tengah ke Malteng.

“Surat suara untuk PSU di 18 TPS tiba di Ambon pada Sabtu ini, dan langsung dibawa ke KPU Malteng, setelah itu kita distribusikan lagi ke TPS –TPS untuk pelaksanaan PSU pada Senin ini,” kata Ningkeula kepada Media Center KPU Maluku, Sabtu (19/4).

Ia menyatakan, PSU digelar setelah    rekomendasi dari Panwaslu Malteng ke KPU Malteng  karena ditemukan sejumlah kecurangan saat Pileg 9 April pada 18 TPS tersebut. Kecurangan diantaranya, adanya pemilih yang mencoblos lebih dari satu kali, penggunaan identitas orang yang sudah meninggal untuk mencoblos.

Menyinggung waktu PSU yang hanya bisa dilakukan  10 hari setelah Pileg,  Ningkeula  menyatakan  rekomendasi Panwaslu  Malteng tentang PSU memiliki kekuatan hukum, tidak bisa diabaikan sehingga wajib untuk ditindak lanjuti KPU Malteng. Pihaknya  juga sudah berkoordinasi dengan KPU Maluku untuk menggelar PSU tersebut.

“Rekomendasi Panwaslu memiliki kekuatan hukum yang kuat, sehingga harus ditindak lanjuti oleh KPU dengan menggelar PSU, meskipun sudah melewati 10 hari pasca pemungutan suara Pileg, kita juga sudah koordinasi dengan KPU Maluku dan tida ada masalah,” tegasnya. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku