Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Tidak Ada Caleg Perempuan Yang Lolos ke DPRD Aru

Tidak Ada Caleg Perempuan Yang Lolos ke DPRD Aru

AMBON– Ada yang berbeda dari hasil  penetapan 25 calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku pada Selasa (13/5). Ternyata dari jumlah kursi itu, tidak ada satu pun calon anggota legislatif (Caleg) perempuan yang lolos menjadi calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Aru periode 2014-2019.

Caleg perempuan kalah bersaing dengan caleg laki-laki baik di internal parpol maupun lintas parpol saat Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu.

Komisioner KPU Kepulauan Aru Yos Sudarso Labok membenarkan hal itu. Menurut dia, dari 25 calon terpilih yang ditetapkan KPU Kabupaten Kepulauan Aru, tidak ada satu  caleg perempuan   yang lolos ke DPRD Aru. “Dari 25 anggota DPRD terpilih yang  kami tetapkan, tidak ada caleg perempuan, semuanya laki – laki,” kata Labok saat dihubungi Media Center KPU Maluku, Rabu (14/5).

Labok yang juga wartawan sebuah koran terbitan Ambon itu tidak mau berspekulasi, caleg perempuan kalah bersaing dengan caleg laki – laki sehingga tidak lolos  ke DPRD Kabupaten Kepulauan Aru. Menurut Labok, 12 parpol peserta Pemilu sudah memenuhi  keterwakilan caleg perempuan seperti  diamanatkan lewat  Undang –Undang Pemilu.

“Semua parpol sudah memenuhi keterwakilan 30 persen untuk caleg perempuan. Kami tidak tau kenapa mereka (caleg perempuan -red)  kalah bersaing dengan caleg laki-laki dalam Pileg lalu,” kata Labok.

Dari 25 kursi DPRD Kabupaten Kepulauan Aru yang ditetapkan KPU setempat,  Partai Gerindra dan  PKPI, masing – masing memperoleh empat  kursi. PDIP, PKB dan Partai NasDem masing – masing memperoleh tiga kursi, sedangkan PKS, PPP masing – masing memperoleh dua kursi. Sementara Partai Golkar, Demokrat, PAN dan Partai Hanura masing- masing memperoleh satu kursi. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku